Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Sosialisasi dan DDTK Penerapan 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag di Pengadilan Agama Sungguminasa

Kategori: Berita Diterbitkan: Senin, 07 Oktober 2019

Salah satu prioritas perubahan di lingkungan Mahkamah Agung RI dan badan peradilan di bawahnya adalah pembenahan di bidang teknologi Informasi. Dimana terdapat dua jenis aplikasi di lingkungan peradilan yaitu aplikasi manajemen perkara (case management) dan aplikasi untuk manajemen aktivitas di pengadilan (court management).

Aplikasi untuk manajemen perkara (case management)  bertujuan untuk  membantu  pengaturan  distribusi  dan  alur  perkara,  akses  para Hakim dan Panitera, serta perubahan status putusan. Selain itu aplikasi juga dapat digunakan  untuk  membantu  Hakim  mengambil  keputusan  dan  mendorong  adanya konsistensi hukum. Aplikasi ini juga akan mengakses fitur-fitur untuk penelusuran dan pengelompokan putusan sejenis, melihat kemiripan argumen maupun pertimbangan hukum  yang  pernah  diambil  di  masa  lalu,  dan  sejenisnya.  Semua  kinerja  aktivitas dalam pengelolaan perkara akan dipantau oleh  platform workflow yang selanjutnya disampaikan kepada aplikasi manajemen pengawasan dan kinerja untuk keperluan evaluasi dan pengambilan kebijakan manajerial.

Sementara  itu,  aplikasi  untuk  manajemen  pengadilan  (court  management) meliputi manajemen sumber daya yang dipakai untuk melakukan proses persidangan serta penyediaan akses ke pengadilan. Pemanfaatan teknologi sangat terbuka untuk penyediaan akses bagi layanan pengadilan, khususnya di pengadilan tingkat pertama, misalnya  untuk  melayani  kalangan  masyarakat  umum,  masyarakat  miskin  maupun mereka yang lokasi geografisnya jauh dari pengadilan. Selain itu pemanfaatan TI juga bisa digunakan bagi kepentingan manajemen para pemangku kepentingan, baik para pihak, kuasa hukum, dan lembaga hukum lainnya.

Berkaitan dengan pembenahan di bidang teknologi informasi, ada 9 (sembilan) aplikasi  unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, yaitu Aplikasi Notifikasi Perkara, Aplikasi Informasi Produk Pengadilan, Aplikasi Antrean Sidang, Aplikasi Data Kemiskinan, Aplikasi Command Centre, Aplikasi PNBP Fungsional, Aplikasi e-Eksaminasi, Apliakasi e-Regsiter dan Aplikasi e-Keuangan.

Dalam rangka akselerasi penerapan 9 (sembilan) aplikasi unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Makamah Agung RI tersebut di atas, khususnya di Pengadilan Agama Sungguminasa, maka pada hari Kamis tanggal 3 Oktober 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama, dilaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) yang dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sunggumianasa serta dihadiri oleh Hakim dan Pegawai Pengadilan  Agama Sungguminasa.

1.jpg 2.jpg

 
Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahamad Nur, S.H.,M.H. dalam sambutannya menjelaskan bahwa seiring dengan  perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut kita untuk harus belajar mengenai pemanfaatan teknologi informasi tersebut, khususnya yang terkait aplikasi-aplikasi di bidang pelayanan, karena sekarang ini adalah eranya pelayanan berbasis teknologi informasi.

Secara spesifik di lingkungan peradilan agama, khususnya di bawah kepemimpinan bapak Dr.H.Aco Nur, S.H.,M.H. sebagai Direktur Jenderal  Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, aplikasi-aplikasi di bidang pelayanan berbasis teknologi informasi semakin bermunculan dan mau atau tidak mau, mesti kita harus respon dengan segera selaku aparat peradilan agama.

3.jpg 4.jpg
5.jpg
 
Dalam konteks itu, ada 9 (sembilan) aplikasi unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama yang hari ini kita akan sosialisasikan dan sekaligus Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) untuk penerapannya. Oleh karena itu, saya selaku pimpinan Pengadilan Agama Sungguminasa meminta kepada seluruh Hakim dan Pegawai untuk mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh yang akan dipandu oleh Ketua Tim Implementasi 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag, yaitu Sdr. Verry Setya Widyatama, S.Kom dan dibantu oleh Aswad Kurniawan, S.HI selaku admin. (By Amn/PA-Sgm).
Dilihat: 55