Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Sosialisasi Hasil Pelatihan Sertifikasi Hakim Mediator dan Bimtek Pola Bindalmin

Kategori: Berita Diterbitkan: Senin, 15 September 2014
Sungguminasa | Rabu, 10 September 2014
Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sungguminasa, dilaksanakan sosialisasi hasil Pelatihan Setifikasi Hakim Mediator di lingkungan Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara seluruh indonesia yang diikuti oleh Hakim Pengadilan Agama Sungguminasa, Bapak Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.HI., M.HI yang diselenggarakan pada tanggal 24 agustus sampai 29 agustus 2014 di Pusdiklat MA-RI, Megamendung – Bogor.

sosialisasimedbin1.jpg
Pembukaan Sosialisasi Hasil Pelatihan Sertifikasi Hakim Mediator dan Bimtek Pola Bindalmin (foto : verry)
Beliau menjelaskan tentang bagaimana menjadi mediator yang baik sesuai dengan PERMA No. 1. Beliau juda menegaskan bahwa mediasi harus dilakukan paling lama 40 hari setelah persidangan dan harus ada penundaan, serta adanya panggilan untuk mediasi. Menurut nara sumber yang beliau dapatkan, bahwa seorang panitera pengganti pun sebenarnya bisa menjadi seorang mediator yang meng-backup Hakim ketika berhalangan atau sedang bersidang.
 
sosialisasimedbin2.jpg sosialisasimedbin3.jpg
Pemateri Sosialisasi Pelatihan Sertifikasi Hakim Mediator, Dr. Mukhtaruddin, S.HI., M.HI. (kiri) dan Pemateri Sosialisasi Bimtek Pola Bindalmin, H. Kafrawi, BA (kanan) - (foto : verry)
Setelah sosialisasi dari Bapak Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.HI., M.HI., langsung dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Bapak H. Kafrawi, BA yang juga telah mengikuti bimbingan teknis Pola Bindalmin yang diselenggarakan oleh PTA Makassar pada tanggal 27 agustus sampai dengan 29 agustus 2014 di Grand Asia Hotel Makassar. Empat poin penting dalam bimtek tersebut adalah berkenaan dengan sumberdaya manusia aparat peradilan yang kompeten, peningkatan kedisiplinan, meghindari indisipliner dalam bekerja sesuai pola, dan pemerataan SDM yang berkualitas di semua lini. Kegiatan bimtek Pola Bindalmin ini rata-rata diikuti oleh Panitera Muda dan Wakil Panitera, khusus untuk wakil dari Pengadilan Agama Sungguminasa, yang mengikuti kegiatan ini adalah Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Gugatan.
 
sosialisasimedbin4.jpg sosialisasimedbin5.jpg
Para Peserta Sosialisasi (para Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa) - (foto : verry)
Sosialisasi ini berlangsung mulai pukul 08.30 Wita sampai 09.30 Wita dan diikuti oleh Pimpinan, para Hakim, dan para Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa. (vRy)
Dilihat: 368

Fokus Badilag

Direktori Putusan