Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Rakor dan Capaian Prestasi PTA Makassar

Kategori: Berita Diterbitkan: Selasa, 07 Oktober 2014
Kamis, 2 Oktober 2014 di Aula PTA Makassar  dilaksanakan Rapat Koordinasi dalam upaya menyamakan langkah dan persepsi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan dengan mensosialisasikan kebijakan serta melakukan sinergisitas sesama Pengadilan Agama sewilayah Sulawesi Selatan dan Barat sekaligus menyampaikan hasil rapat koordinasi KPTA, WKPTA dan Pansek yang dilaksanakan oleh Badilag di Bandung tanggal 24-25 September 2014 lalu.

1.JPG
 
Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung Ketua PTA Makassar Bapak Drs. H. Hasan Bisri S.H., M.Hum., dan Waka PTA Makassar Bapak Drs. H. M. Thahir R, S.H., M.H,. dan melibatkan para Hakim Tinggi dan semua Ketua, beserta Pansek ini didahului dengan membacakan agenda rapat oleh moderator yaitu pansek PTA Makassar, Drs. H. Ach. Jufri, S.H., M.H diantaranya sosialisasi rapat para pimpinan PTA se Indonesia dan pengumuman lomba dan penyerahan Piagam kepada para juara dalam rangka peringatan 25 tahun  Undang-Undang Peradilan Agama.
 
2.JPG 3.JPG
Penyerahan Piagam oleh KPTA kepada Pansek PTA Makassar dan KPA Bulukumba (foto : Silmi)
Arahan KPTA Makassar pada kesempatan ini ada beberapa hal yang sampaikan diantanya sebagai berikut  Satu Kongkritisasi pasal 84. Harus jelas di KUA mana tempat tempat tinggal dan tempat pelaksanaan pernikahan. Dua Moratorium pembangunan gedung, penggunaan DIPA agar terfocus saya tidak mau mendengar ada orang terlibat dalam hal hal negative pembangunan gedung. Tiga Adanya permohonan ke MA mengenai perkawinan beda agama. Empat Peningkatan koordinasi internal, Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris. Lima Pelatihan ekonomi syariah Enam Gugat rekonvensi lisan agar diformulasikan Tujuh Kelengkapan berkas perkara kasasi dan PK, berkaitan dengan kelengkapannya sebeleum dikirim. Delapan. Terbuka peluang bagi para Hakim tinggi untuk menjadi hakim Mahkamah Konstitusi dan anggota Komisi Yudisial. Sembilan Tahun 2015 akan ada penerimaan calon hakim kerjama Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial. Sepuluh  Dirjen Badilag menghendaki penerapan  ISO 9001-2008 seperti yang telah diterpkan PA Stabat Wilayah PTA Medan.Pada rapat koordinasi ini Waka PTA Makassar dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan SK 080 Tahun 2006 tanggal 24 Agustus 2006. Yang salah satunya menjadi item pengawasan baik dari pengawasan yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung maupun Hakim Pengawas dan Pembina PTA Makassar adalah pelayanan public dengan demikian  hal-hal yang harus dicermati seperti Satu Mengenai tertib kantor agar dilakukan penataan dan pengaturan kerja serta penyedian fasilitas kerja. Seperti ruangan kerja dan ruangan sidang kita harus baik dan nyaman serta dilengkapi dengan sarana dan prasana yang memadai. Dua Agar senantiasa melaksanakan kebersamaan kegotongroyonngan kebersihan agar ada rasa kenyamanan dalam melaksanakan tugas. Tiga Harus menampilkan penampilan kantor yang asrih (apik, sejuk, rindah dan indah). Empat Diusahakan untuk membuat penataan parkir yang rapih dan nyaman. Lima Hendaknya dibiasakan sebelum bekerja agar dilaksanakan bersih bersih sendiri selama 10 menit sebelum bekerja. Demikian juga sebelum pulang kantor kursi dan meja dirapikan dan budaya bersih ditingkatkan dengan adanya jumat bersih. Enam Pelaksanaan pemanggilan harus dilakukan dengan oleh Jurusita dan secara profesional.
 
4.JPG 5.JPG
Penyerahan Piagam oleh Waka PTA kepada Pansek PA Bulukumba dan KPA Majene (foto : Silmi)
Pansek PTA Makassar dalam arahannya menyampaikan hasil rakor yang dilaksanakan di Bandung diantaranya tentang penyerapan anggaran PTA Makassar. Selanjutnya dalam pemaparannya Pansek mengingatkan kepada Satker yang belanja daya listiknya tidak mencukupi agar segera membuat surat permohonan penambahan Biaya Langganan Listriknya. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu dengan revisi antar satker yang kelebihan belanja barangnya khususnya untuk langganan Daya dan Jasa.

Diakhir acara rakor ini diumumkan para PA-PA yang berprestasi ditingkat Nasional dalam rangka peringatan 25 tahun  Undang-Undang Peradilan Agama . Dalam perayaan ini PTA Makassar Mendapat 8 Piagam dari Badilag yaitu :
1.    Juara I Website Kategori Pengadilan Tingkat Pertama diraih oleh Pengadilan Agama Sungguminasa.
2.    Juara II Pemberkasan Tingkat Nasional diraih Pengadilan Agama Takalar.
3.    Juara Harapan II SIMPEG Tingkat Nasional diraih oleh Pengadilan Agama Bulukumba Kategori Pengadilan Tingkat Pertama.
4.   Juara Harapan III Website untuk Kategori Tingkat Banding diraih oleh PTA Makassar.Kemudian ada empat Piagam yang diberikan oleh Badilag terkait beberapa

Satker yang yang menjadi  peringkat terbaik Siadpa Plus dan Simpeg dengan nilai 100 % yaitu :
1.    Juara terbaik I Siadpa Plus di tingkat PTA Makassar diraih oleh Pengadilan Agama Bulukumba .
2.    Pengadilan Agama Majene dalam bidang Inplementasi dan Kelengkapan Data dengan Nilai  100 % pada aplikasi Simpeg dan e-doc tingkat MSy/PA tahun 2014.
3.    Pengadilan Agama Palopo  dalam bidang Inplementasi dan Kelengkapan Data dengan Nilai  100 % pada aplikasi Simpeg dan e-doc tingkat MSy/PA tahun 2014.
4.    Pengadilan Agama Masamba  dalam bidang Inplementasi dan Kelengkapan Data dengan Nilai  100 % pada aplikasi Simpeg dan e-doc tingkat MSy/PA tahun 2014.

Semoga prestasi yang diraih oleh  masing-masing satker diwilayah PTA Makassar dipertahankan dan lebih ditingkatkan .  (Lkm-PTA Mks)
Sumber : pta-makassarkota.go.id
Dilihat: 301

Fokus Badilag

Direktori Putusan