Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Pengadilan Agama Sungguminasa Menyongsong ISO 9001:2008

Kategori: Berita Diterbitkan: Jumat, 11 Desember 2015
Salam PDCA (Planning, Doing, Checking, Action)...yes  yes  yesss!!!.
Berdasarkan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Mahkamah Agung RI Nomor: 1579/DJA.I/HM/9/2015 tertanggal 11 September 2015, yang Tahun 2015 ini mengamanatkan dan menunjuk Pengadilan Agama Sungguminasa untuk melaksanakan Sistem Managemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008, satu dari 11 (sebelas) Pengadilan Agama di seluruh Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, Pengadilan Agama Sungguminasa dibawah kepemimpinan Dra. Nur Alam Syaf, S.H., M.H (Ketua) dan Drs. Ahmad Nur, M.H (Wakil Ketua) dan seluruh entitas menyambut  dengan sangat antusias dan siap mensukseskan hal/kegiatan dimaksud.

menyongsong-iso-1.jpg
 
Sebagai tindak lanjut dan langkah awal menerapkan system managemen mutu (SMM) ISO 9001:2008, Pengadilan Agama Sungguminasa telah melaksanakan dua (dua) pendampingan/pengenalan SMM ISO 9001:2008 oleh Konsultan PT. KOKEK Surabaya, yakni tahap pertama tanggal 27-28 September 2015, tahap II tanggal 22-23 Oktober, dan tahap ketiga tanggal 25-27 November 2015.

Tahap pertama sebagai pengenalan SMM ISO 9001:2008 di hadiri langsung oleh yang mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Drs. H. Hasan Bisri, S.H., M.Hum dan Panitera/Sekretaris PTA Makassar Drs. Ach. Jufri, S.H., M.H, beserta seluruh pimpinan dan karyawan/karyawati Pengadilan Agama Sungguminasa.

Pasca pendampingan dalam dua tahap tersebut, berdasarkan petunjuk Konsultan PT. KOKEK, Pengadilan Agama Sungguminasa telah melaksanakan beberapa langkah-langkah konkrit, yakni:  Management Commitment, Steering Committee, MR dan ISO Team, Awareness Training, System Development, System Implementation, Internal Audit Training, Internal Audit, Findings, Corrective action, Management Review dan terakhir nanti adalah penentu yaitu Certification Audit.

Dalam menyambut Certification Audit, sejak hari ini Senin dan Selasa yang lalu (tanggal 7 – 8 Agustus 2015) menjadi momentum tersendiri bagi seluruh entitas Pengadilan Agama Sungguminasa. Hal ini karena dalam dua hari tersebut menjadi hari bersejarah terkait dengan adanya penilaian eksternal yang sesungguhnya terkait dengan pelayanan publik dengan standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008, yang mana penilaian atau audit sertifikasi dimaksud akan dilaksanakan oleh PT. TUV NORD Indonesia, dan dimana pada hari kedua tersebut juga akan diketahui apakah Pengadilan Agama Sungguminasa layak mendapatkan sertifikat SMM ISO 9001:2008.

Sehubungan dengan hal tersebut,  sebelum pelaksanaan Opening meeting di hari pertama, Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa sebagai Top Manajement Tim SMM ISO 9001:2008 PA. Sungguminasa yang di dampingi Wakil Ketua sebagai Management Representative (MR) melakukan apel pagi bersama jajarannya, sekaligus memberikan arahan terkait dengan kegiatan penilaian sertifikat SMM ISO 9001:2008.  Keseriusan dan kerjasama sangat di butuhkan dalam menyongsong SMM ISM 9001:2008, demikian kalimat penutup Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa saat menutup apel bersama.
 
menyongsong-iso-2.JPG menyongsong-iso-3.JPG
Pada pelaksanaan Opening Meeting Audit Eksternal, Bapak Sukma Santoso sebagai Lead Auditor eksternal menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan substansi dan teknis penilaian, sembari berkata bahwa yang terpenting dalam penilaian SMM ISO 9001:2008 adalah kesesuaian antara apa yang di rencanakan dan apa yang telah dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur pada setiap bidang kegiatan, yakni Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Apa yang dilaksanakan telah memenuhi persyaratan umum dan persyaratan sebagaimana yang diatur dalam pasal-pasal ISO 9001:2008. Ketika pasal-pasal tersebut telah diterapkan maka itulah wujud quality management system.

secara umum pelayanan publik Pengadilan Agama Sungguminasa telah melaksanakan managemen mutu sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2008. Ada beberapa temuan yang bersifat minor observation yang harus dibenahi.

Akhirnya, dalam Closing meeting tersebut, Lead Auditor dari  PT TUV NORD Indonesian yang merupakan cabang dari German menyatakan bahwa Pengadilan Agama Sungguminasa (wilayah PTA Makassar) LAYAK dan BERHAK mendapatkan penghargaan “Sertifikat SMM ISO 9001:2008”.

Apa yang disampaikan oleh Lead Auditor tersebut, tentunya di sambut gembira oleh seluruh pimpinan dan entitas Pengadilan Agama Sungguminasa (dan tentunya Pengadilan Tinggi Agama Makassar). Dalam acara Closing meeting tersebut, Bapak Drs. Ahmad Nur, M.H (Wakil Ketua PA Sunggminasa) sekaligus sebagai Management Representative SMM ISO 9001:2008 Pengadilan Agama Sungguminasa mengatakan bahwa “Ibarat tentara, apa yang di capai hari ini hanya sebatas pengukuhan telah lulus jadi tentara...baru memakai baju tentara, selanjutnya bagaimana di medan perang yang sesungguhnya dalam melayani masyarakat secara baik, prima dan professional...hal itu adalah yang terpenting untuk menjadi perhatian bersama”. Substansi dari penghargaan sertifikat SMM ISO 9001:2008 adalah tidak terbatas pada apa yang di capai hari ini, tapi bagaimana mempertahankan capaian tersebut secara berkesinambungan, dengan tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja pada masing-masing tugas pokok dan fungsi secara terintegrasi dan sistemik sebagaimana disyaratkan dalam ISO 9001:2008., demikian kalimat penutup Dra. Nur Alam Syaf, S.H, M.H (KPA Sungguminasa) dalam mengakhiri Closing meeting atas proses penilaian sertifikat SMM ISO 9001:2008 Pengadilan Agama Sungguminasa. Salam PDCA...yes yes yeesss!!!. Sukses untuk semua, terima kasih. (yusran)
Dilihat: 305

Fokus Badilag

Direktori Putusan