Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Pengendalian Mutu Melalui Audit Internal Secara Berkala

Kategori: Berita Diterbitkan: Rabu, 23 Maret 2016
  1. Pembukaan Audit Internal Pengadilan Agama Sungguminasa
Salah satu aspek penting dalam pengendalian mutu layanan pada sebuah instansi pemerintah, termasuk di lingkungan peradilan agama adalah terimplementasinya pengawasan secara maksimal. Implementasi dari sistem pengawasan ini mutlak dilakukan secara rutinitas dengan mengacu pada prinsip-prinsip manajemen, terutama manajemen mutu yang telah dipersyaratkan oleh ISO. Demikian diungkapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Dra. Nur Alam Syaf, S.H.,M.H. dalam pengarahannya ketika membuka pertemuan (opening meeting) persiapan pelaksanaan audit internal secara reguler di Pengadilan Agama Sungguminasa pada hari Senin (25/2/2016) yang lalu di Ruang Rapat Kantor Pengadilan Agama Sungguminasa yang dihadiri oleh Wakil Ketua selaku koordinator pengawasan, Hakim Pengawas Bidang (auditor) dan seluruh pejabat baik struktural maupun fungsional di lingkungan Pengadilan Agama Sungguminasa.
RapatPengawasanTI.jpg
Opening Meeting Persiapan Audit Internal/ Pengawasan Bidang Triwulan I (foto : verry)
Lebih lanjut, Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa menjelaskan bahwa secara teknis seperti apa model audit yang akan kita lakukan, nanti diurai secara rinci oleh pak Wakil selaku koordinator pengawasan. Saya berharap kepada Hakim pengawas bidang yang ditugasi sebagai auditor dapat  melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, begitu pula bagian-bagian yang akan diaudit supaya dapat mempersiapkan data-data yang dibutuhkan oleh Hakim Pengawas Bidang.
 
Sementara Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H., di hadapan para Hakim Pengawas Bidang menjelaskan bahwa ada tiga jenis pengawasan yang semestinya kita lakukan terus menerus,  Pertama: Pengawasan Internal yaitu pengawasan dari dalam lingkungan kantor kita sendiri  berupa pengawasan Melekat dan Pengawasan Rutin/Reguler. Kedua: Pengawasan Melekat yaitu serangkaian kegiatan yang bersifat sebagai pengendalian yang terus menerus  dilakukan oleh atasan langsung terhadap bawahannya sebagai langkah-langkah preventif dan represif, agar pelaksanaan tugas bawahan tersebut berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana kegiatan  dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ketiga: Pengawasan Rutin / Reguler yaitu pengawasan yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung, pengadilan tingkat banding, dan pengadilan tingkat pertama secara rutin terhadap penyelenggaraan peradilan sesuai dengan kewenangan masing-masing.
 
Dengan demikian menurut Wakil Ketua PA Sungguminasa, itu berati bahwa pengawasan merupakan salah satu fungsi pokok manajemen untuk menjaga dan mengendalikan agar tugas-tugas yang harus dilaksanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan rencana dan aturan yang berlaku. Bahkan pengawasan (controlling) merupakan fungsi manajemen yang tidak kalah pentingnya dalam suatu organisasi karena semua fungsi sebelumnya seperti planning, organizing, dan accounting, tidak akan efektif tanpa disertai fungsi pengawasan. Lebih dari itu, pengawasan merupakan usaha untuk memastikan apakah tujuan organisasi tercapai, di mana ketika terjadi penyimpangan dapat segera diambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya.
 
Dalam konteks ini, audit internal yang akan dilaksanakan oleh Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Agama Sungguminasa adalah tergolong dalam pengawasan internal dengan cakupan Pengawasan Melekat dan Pengawasan Fungsional. Substansi dari audit internal ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi apakah penyelenggaraan teknis peradilan, pengelolaan administrasi peradilan, dan pelaksanaan tugas umum peradilan pada Pengadilan Agama Sungguminasa ini telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penyimpangan administrasi dan ketidak-efisienan penyelenggaraan peradilan serta untuk menilai kinerja Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa.
 
Untuk tahun 2016, kita jadwalkan audit internal dilaksanakan minimal empat kali, yaitu triwulan pertama dimulai tanggal 1 s.d 4 Maret 2016. Dengan demikian, masing-masing Hakim Pengawas Bidang selaku auditor sudah bisa mempersipkan bahan-bahan yang diperlukan sebelum melakukan audit (pemeriksaan). Demikian ditegaskan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H.
 
Expose Hasil Audit Internal Hakim Pengawas Bidang
Seperti lazimnya setiap selesai dilakukan audit internal, hasil audit tersebut di expose secara terbuka guna untuk diketahui oleh seluruh bagian-bagian yang telah diaudit itu untuk selanjutnya segera ditindaklanjuti. Demikian halnya hasil audit internal yang telah dilakukan oleh Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Agama Sungguminasa, dimana setelah sepekan melakukan audit internal (1 s.d. 4 Maret 2016), akhirnya pada hari Senin (7/3/2016) yang lalu dilakukan expose hasil temuan dari masing-masing Hakim Pengawas Bidang. Dalam expose tersebut dipimpin langsung oleh Wakil ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H. yang dihadiri langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Dra. Nur Alam Syaf, S.H.,M.H.
 
Sebelum auditor (Hakim Pengawas Bidang) dipersilahkan untuk menyampaikan temuannya masing-masing, terlebih dahulu Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa menjelaskan bahwa semua temuan yang nantinya akan disampaikan oleh Hakim Pengawas bidang, supaya segera ditindaklanjuti. Kalau perlu, kita buatkan kontrak kepada masing-masing yang akan bertanggung jawab untuk menindaklanjuti temuan-temuan tersebut. Saya tidak ingin terjadi apa yang menjadi temuan pada audit internal pertama ini, menjadi temuan lagi pada audit internal kedua yang akan datang, tegasnya. (muhammadamin)
 
Adapun Hakim Pengawas Bidang yang menyampaikan hasil auditnya adalah masing-masing :
  1. Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.HI.,M.HI dengan obyek pemeriksaan adalah bidang pelayanan publik
  2. Dr. St. Zulaiha Digdayanti, S.Ag.,M.HI dengan obyek pemeriksaan adalah bidang Keuangan dan Umum
  3. Sittt Rusiah, S.Ag., M.H. dengan obyek adalah pemeriksaan bidang administrasi kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana
  4. Maryam Fadhilah Hamdan, S.HI dengan obyek adalah pemeriksaan bidang administrasi kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana
  5. Muhamad Anwar Umar, S.Ag dengan obyek pemeriksaan adalah bidang administrasi perkara , administrasi persidangan dan Kearsipan
  6. Uten Tahir, S.HI.,M.H. dengan obyek pemeriksaan adalah bidang Informasi Teknologi
  7. Ahmad Jamil, S.Ag dengan obyek pemeriksaan adalah bidang Manajemen Peradilan.
  8. Muhammad Najmi  Fajri, S.HI.,M.HI. dengan obyek pemeriksaan adalah bidang Gugatan, dan
  9. Dra. Salmah  ZR dengan obyek pemeriksaan adalah bidang Permohonan.
Dilihat: 529

Fokus Badilag

Direktori Putusan